Pernah Payungi Raja Salman, Jokowi Harusnya Bisa Lobi Arab Saudi

Bicaralah.com - Meski vaksin Sinovac telah mendapat izin dari WHO, hal itu tetap saja tak menjamin Indonesia mendapat kuota haji dari Arab Saudi pada tahun ini.

Anggota Komisi VI DPR-RI, Andre Rosiade meminta pemerintah untuk aktif melobi Arab Saudi agar ada kejelasan kuota haji bagi Indonesia. Apa lagi, Presiden Jokowi memiliki kedekatan emosional dengan mendiang Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

“Vaksin Sinovac alhamdulillah sudah mendapatkan sertifikat dari WHO. Nah, untuk itu sesuai aspirasi umat Islam yang ada di Indonesia saya meminta Pak Menteri segera mendorong Presiden Jokowi untuk menelepon Raja Arab Saudi agar kuota haji kita bisa keluar,” kata Andre saat rapat dengan Menteri BUMN Erick Thohir di ruang rapat Komisi VI DPR, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Andre meminta Erick Thohir untuk segera melapor ke Jokowi soal sertifikasi Sinovac oleh WHO. Dia meminta Pemerintah memperjuangkan kuota haji Indonesia tahun 2021 ini.

“Bagaimanapun juga umat Islam Indonesia adalah umat Islam terbesar di dunia,” tegas Andre.

Selain itu, hubungan emosional Jokowi dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud sangat kuat. Faktanya, Presiden Jokowi menjemput langsung Raja Salman saat tiba di Istana Bogor. Begitu Raja Salman membuka pintu mobil, Jokowi langsung ada di depannya.

Kala Raja Salman datang pada Rabu (1/3/2017), cuaca di Istana Bogor sedang diguyur hujan deras. Tentu saja pengawal Raja Salman, Brigjen Al-Faghm, langsung sigap memayungi.

Presiden Jokowi juga memegang payung agar tak kehujanan. Tetapi payung yang dia pegang dengan tangan kiri itu diarahkannya untuk Raja Salman.

Lengan kiri Jokowi pun basah tersiram air hujan. Tetapi dia memaknainya sebagai berkah.

“Hujan lebat menyambut Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor. Setiap tetes hujan adalah berkah dari Allah SWT. Semoga pertemuan ini menjadi berkah bagi Indonesia dan Arab Saudi,” kata Jokowi lewat akun Facebook resminya.

Sementara lengan kiri memegang payung, tangan kanan Jokowi menggandeng erat Raja Salman. Saat Jokowi tak lagi memegang payung karena sudah memasuki selasar Istana, tangannya tetap menggandeng Raja Salman.

Kebersamaan Jokowi dan Raja Salman terus terlihat hingga prosesi penyambutan selesai. Keduanya pun makan siang bersama dan diabadikan oleh Jokowi dalam sebuah video blog.

“Kan udah mayungin Raja Saudi waktu ke Istana Bogor. Katanya dekat??” tulis akun twitter @imeldasinto.

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi baru membuka akses bagi warga dari 11 negara. Tak ada Indonesia dalam daftar 11 negara tersebut. 11 Negara itu adalah:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

Kemenag Umumkan Soal Haji Hari Ini

Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan secara resmi nasib ibadah Haji 2021. Pengumuman itu akan disampaikan hari ini.

“Bersama seluruh anggota Komisi VIII tadi sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah mulai A sampai Z,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, usai rapat tertutup di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

“Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu. Insyaallah besok siang akan kami umumkan secara resmi di kantor Kemenag di Thamrin,” sambungnya.

Menag Yaqut meminta publik bersabar mengenai sikap pemerintah soal ibadah Haji tahun ini. Hal ini, menurut Yaqut, demi keterbukaan dan transparansi nanti saat pengumuman.

“Jadi mohon dipahami, sabar sebentar, ash-shabru jamiil, orang sabar itu baik, bagus, cantik. Jadi kalau mau ganteng, bagus, cantik, jadi sabar dikit,” tandasnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here