Hari Ini Kabinda Papua Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Kepala BIN daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha yang tewas ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada hari ini, Senin (26/4/2021).

“Direncanakan akan dibawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jenderal,” kata Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Menyiinggung soal baku tembak yang menewaskan Kabinda Papua itu, Wawan memastikan, Satgas akan melakukan pengejaran kepada pelaku dan KKB.

“Selain itu, Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua tersebut,” tukasnya.

Wawan menyebut bahwa Brigjen Putu adalah sosok yang berprestasi. Kabinda Papua itu juga memiliki karier yang cemerlang dan pekerja keras.

“Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi. Beliau dikenal memiliki karier cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen,” tutur Wawan.

Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Beoga, Puncak, Papua Minggu kemarin. Brigjen Putu gugur ditembak di bagian kepala.

Saat itu, sekitar pukul 15.50 WIT, Brigjen Putu beserta Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri yang tengah dalam perjalanan menuju Desa Dambet tiba-tiba dihadang oleh kelompok KKB. Saat itulah aksi baku tembak pun terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

“Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan Gugur sebagai Kusuma Bangsa,” pungkas Wawan.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here