Iwan Sumule: Oligarki Rusak Demokrasi dan Suburkan KKN, Rakyat Makin Tak Akan Sejahtera

Bicaralah.com - Masyarakat Indonesia tidak akan sejahtera apabila oligarki menguasai kepemimpinan di tanah air. Pasalnya, kelompok oligarki yang berkuasa tersebut berpotensi besar melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Jadi negara yang dibangun oleh oligarki dan KKN tidak akan sejahterakan rakyat,” tegas Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule, Jumat (7/5/2021).

Iwan Sumule menjelaskan, dalam kondisi tersebut demokrasi hanya tampil sebatas proses pemilihan. Tapi, sesungguhnya yang terjadi adalah demokrasi belantara.

Demokrasi, sambung Iwan Sumule, seharusnya mempersatukan keragaman yang ada di masyarakat, justru dijadikan dalih untuk memaksa masyarakat yang beragam menjadi seragam.

Contoh nyatanya, sambung Iwan Sumule adalah ketidakadilan dan kesewenang-wenangan pemerintah dalam melakukan pembubaran ormas. Tidak sedikit ormas yang dibubarkan tanpa menjalani persidangan sebagaimana mestinya.

Selain itu, dalam upaya menyeragamkan pendapat acapkali terjadi kekerasan terhadap demonstran, pemenjaraan aktivis, perampasan partai politik, hingga unlawful killing dalam tragedi KM 50.

“Tampak ada demokrasi, tapi sesungguhnya adalah demokrasi belantara. Bukan hukum negara, melainkan hukum rimba. Yang kuat memangsa yang lemah. Tak ada kesetaraan dan keadilan,” tegasnya.

“Bangunlah raga, tanpa menjual jiwa,” tandas Iwan Sumule.

Terkini

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Terbaik, Intinya Kita saling percaya Bukannya saling Memperdaya. ♥️ Jadikan Hukum sebagai Panglima tertinggi dalam Hidup kita sendiri. Insha Allah Kebenaran menciptakan Kenyamanan. #Tegaskan_Keadilan_
    #Musnahkan_Kehancuran…
    Save_Perubahan_nyata…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here