Nadiem Bikin Permendikbud Soal Pelecehan Seksual

Mendikbud Nadiem Makarim memastikan bahwa pihaknya sedang menyusun Permendikbud terkait kekerasan seksual di lingkungan sekolah. Hal ini dilakukan mengingat tidak sedikit laporan terkait kasus yang dimaksud.

Namun dmikian, saat ini yang masih dalam proses pematangan yakni masih di lingkungan perguruan tinggi.

“Jadi filsafatnya adalah Kemendikbud harus tahu, civitas akademika dan pemimpin di perguruan tinggi juga harus tahu dan harusnya informasi yang didapatkan itu sama,” ujarnya, dalam sebuah diskusi online, kemarin, di Jakarta.

ia menjelaskan, banyak tantangan dalam menghadapi masalah seperti ini. Untuk itu, ia berupaya membangun komunikasi di seluruh instansi lain agar tidak terjadi selisih paham atas peraturan tersebut.

“Setiap kita keluarkan permendikbud itu harus benar-benar matang agar tidak tumpang tindih atau tidak klop dengan aturan lainnya,” sambung mantan bos Gojek itu.

Adapun nantinya, dalam permendikbud itu kata Nadiem, akan mendefinisikan secara eksplisit seluruh spektrum dari isu kekerasan seksual yang terjadi di lapangan. Bahkan isu kekerasan seksual yang ranahnya masih abu-abu.

“Seluruh spektrum sampai yang membuat seseorang tidak nyaman dengan komen-komen dan lain itu juga harus kita address isunya. Sehingga perlindungan informasi mereka itu menjadi suatu hal yang sangat penting,” tutupnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here