ITB Siapkan Direktorat untuk Digitalisasi Pendidikan

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Reini Wirahadikusumah mengatakan, bahwa kampus yang ia pimpin telah mencanangkan Education 4.0 yang diinisiasi saat awal Januari 2020 atau sebelum pandemi terjadi. Selain itu, ITB juga telah membuat direktorat baru di bawah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yaitu Direktorat Pengembangan Pendidikan.

Ia mengaku, bahwa tantangan saat ini dalam dunia pendidikan adalah melakukan digitalisasi pendidikan.

Reini menjelaskan, direktorat ini dikhususkan untuk mengembangkan Education 4.0 yang dapat digunakan secara luas bagi mahasiswa dan dosen ITB. Justru, kata Rektor, adanya pandemi ini, kemajuan digitalisasi pendidikan terdorong menjadi lebih cepat.

“Protokol kesehatan dan keselamatan dosen, mahasiswa, dan staf harus tetap dilaksanakan bersama dengan mengembangkan pendidikan secara lebih canggih,” ujarnya, dikutip dari laman resmi ITB di itb.ac.id, Kamis (27/5) kemarin.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Pendidikan ITB Yusep Rosmansyah menambahkan, inti dari Education 4.0 ini adalah transformasi digital dalam berbagai matra, yaitu SDM, teknologi, informasi, dan proses. Adanya pandemi ini memberikan hal positif dalam mendorong ITB menyongsong Education 4.0.

Yusep mengatakan, dari segi sarana-prasarana, ITB telah menyiapkan learning management system (LMS) yang membantu proses transformasi digital dari sisi teknologi. Cara ini telah diadopsi secara nasional. Saat ini, ITB telah berkoordinasi dengan Kominfo dan Kemendikbudristek Dikti dalam pelayanan mahasiswa di daerah 3T.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here