Yossi Cohen Ingatkan Israel Untuk Meningkatkan Perlawanan Terhadap Iran

Yossi Cohen memberikan pesan kepada pemerintah Israel untuk meningkatkan aktivitas melawan Iran. Pernyataan itu disampaikannya sebelum meninggalkan posisinya sebagai kepala Mossad

“Kegiatan melawan rezim Iran harus ditingkatkan sehingga memahami bahwa melewati batas akan menimbulkan kerugian yang sangat besar,” kata Cohen dalam sebuah upacara pemberian gelar doktor kehormatan pada dirinya, seperti dilaporkan The Times of Israel, Minggu (30/5/2021).

“Untuk berhasil, kita membutuhkan kepemimpinan dan keberanian, kemauan untuk bertindak. Operasi keamanan hari ini tidak kalah pentingnya dengan perang besok,” sambung Cohen.

Sebagaimana diketahui, Cohen menjabat kepala badan intelijen Israel sejak 2016 dan akan segera pensiun. Ia memiliki peranan dalam perjanjian normalisasi antara Israel dan negara-negara Arab.

Sementara itu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah menunjuk David Barnea untuk menggantikan Cohen. Dalam beberapa waktu terakhir, ketegangan melingkupi hubungan Israel dan Iran, seiring rencana Presiden Joe Biden untuk mengembalikan Amerika Serikat (AS) ke kesepakatan nuklir 2015. Keduanya juga bersitegang dalam pertempuran antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Komandan Pasukan Dirgantara Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran, Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, bahkan menyuruh orang Israel untuk mengemas tas dan mencari tempat tinggal di AS, Alaska, atau Eropa.

Pada Mei, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membatalkan perjalanannya ke Wina karena pemerintah Austria mengibarkan bendera Israel di atas gedung-gedung resmi untuk mendukung Israel.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here