Rizal Ramli: Selesaikan Multi-Krisis di RI Mirip Tegakkan Benang Basah!

Tokoh nasional Rizal Ramli mengungkapkan bahwa tidak bisa dielakkan lagi bahwa Indonesia menngalami multi-krisis. Dan menurutnya, untuk perbaikan saja sangat membutuhkan effort yang sangat luar biasa.

Karena jelas mantan anggota tim panel penasihat ekonomi PBB ini, sistem yang dijalankan pemerintah mengikuti sistem bandar. Dimana hal ini juga dilakukan oleh Amerika.

“Kita ikut sistem ala Amerika, sistem Bandar tapi law inforcement di US keras. Kalau sumbangan politik dipakai pribadi, masuk penjara. Sistem Eropa, partai politik dibiayai negara,” tegasnya.

Dengan demikian menurutnya, tak heran jika pejabat negara loyal kepada rakyat. Sehinnga mereka (pejabat negara) loyal sama rakyat, bukan bandar. Kan bisa dilihat dari hasilnya, yakni kesejahteran rakyat dan index kebahagian tinggi.

Selain itu kata Rizal, multi masalah yang dihadapi Indonesia sangat rumit. “Menyelesaikan Multi-masalah dan Multi-krisis Indonesia saat ini sangat sulit, bagaikan menegakkan benang basah. Menegakkan benang basah ternyata harus mulai dari atas. Mari kita Berdoa, Bertekad, Berjuang dan Bekerja untuk Indonesia lebih baik,” tambahnya.

Rizal juga menjelaskan, bahwa partai politik di Indonesia sampai saat ini sulit dari harapan sebagai pilar demokrasi dalam sebuah negara. “Sebetulnya, dibiayai negara, agar tak lagi gocek sana gocek sini cari sampingan untuk dana kepartaian, ya kalau begini terus, ini namanya dibikin sulit sendiri,” tutupnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here