Rizal Ramli Kritik 97 Ribu Data PNS Fiktif, Netizen: Kita Bisa Apa, Sudah Apatis!

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana sebelumnya mengatakan, bahwa ada 97 ribu data pegawai negeri sipil (PNS) fiktif yang mendapat gaji hingga iuran pensiun pada taun 2014.

Adapun data tersebut terungkap ketika BKN melakukan pemutakhiran data pada 2014 lalu. Namun tidak jelas keberadaan orang yang tercatat dalam data tersebut. “Ternyata hampir 100 ribu, tepatnya 97 ribu data misterius. Dibayar gajinya, dibayar iuran pensiunnya, tapi tak ada orangnya,” kata Bima dalam tayangan YouTube Pengumuman BKN Kick Off Meeting Pemutakhiran Data Mandiri, Senin (24/5) lalu.

Menariknya saat ini, Bima Haria juga mendapat sorotan publik, terkait nasib 51 pegawai yang tak lolos seleksi alih status pegawai menjadi ASN. Pasalnya, ia juga terlibat dalam keputusan yang dianggap publik kontroversial ini.

Terkait data fiktif di atas, publik kini mempertanyakan kinerja Bima Haria yang tentunya ‘kebobolan’ soal data tersebut. Adapun salah satu yang melontarkan kritikan adalah tokoh nasional Rizal Ramli.

Ia memposting tulisan dimana BKN yang melakukan TWK kepada KPK, sementara BKN juga bermasalah dalam data fiktif 97 ribu PNS yang tentunya diakui sendiri oleh Bima Haria.

“Ada 97 Ribu nama Fiktif di BKN, Kemudian BKN Melakukan TWK Terhadap Anggota KPK?? Seharusnya KPK yang Melakukan Penyidikan ke BKN??” tulis foto yang diposting Rizal Ramli pada akun Twitternya @RamliRizal, kemarin.

Mantan Menko Maritim ini mengaku ada yang aneh dengan kondisi saat ini. “Memang sudah kewolak-walik, kok bisa-bisanya?,” tulis Rizal.

Tentunya apa yang diposting Rizal Ramli disambut netizen yang merasa kecewa dengan konstelasi masalah yang terjadi di KPK, dan BKN.

“Semua peristiwa seakan mendorong Rakyat menjadi apatis, kebenaran yg semakin kabur tak tahu lagi harus bagaimana berbuat…dan di saat semua bilang “terserah saja” maka waktunya para penghianat mengeruk sebanyak banyaknya dengan leluasa…

Apakah demikian??” tulis akun @arief_rendra.

sumber: @arief_rendra
dan @chardaperdana

Adapula yang menuliskan kecemasannya dalam postingan tersebut. “Ini sama seperti yg sy rasakan, ketika bicara mengenai masalah ini dgn orang² terdekat, keluarga dan teman. dimana mereka terus berkata, kita bisa apa – sudahlah, kita jg masih banyak urusan sendiri. kebanyakan dari mereka sudah apatis semua, pasrah saja. semoga Indonesia kuat,” tulis akun @chardaperdana.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here