Rizal Ramli Desak Menteri Tjahjo Kumolo Tanggung Jawab Soal Amburadul TWK!

Kisruh soal tes wawasan kebangsaan (TWK) yang tidak meloloskan 75 pegawai KPK mendapat sorotan keras dari publik. Salah satunya adalah tokoh nasional Rizal Ramli yang juga ikut angkat suara terkait hal ini.

Ia menyatakan, bahwa tes yang dilakukan terhadap pegawai KPK amburadul, dan meminta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo bertanggung jawab terhadap permasalahan tersebut.

“Mas Tjahjo harus tanggung jawab terhadap Tes Wawasan Kebangsaan yang amburadul, cetek, nora, dan bias itu. Test Psychologi dsb hal yang biasa tapi dilakukan secara  profesional,” tuit Rizal Ramli melalui akun Twitternya, @RamliRizal kemarin.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya beredar viral foto mengenai Surat Keputusan (SK) penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK). Dari 75 orang tersebut, salah satunya yakni penyidik Novel Baswedan dan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo.

Dalam foto SK tertanggal 7 Mei 2021 tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Disebutkan juga untuk salinan yang sah, ditandatangani oleh Plh Kabiro SDM Yonathan Demme Tangdilintin.

Foto itu juga menunjukkan, poin 3 menyatakan bahwa kepada pegawai yang tidak memenuhi syarat TWK menyerahkan tugas kepada atasannya sambil menunggu keputusan lebih lanjut.

Berikut rincian isi SK tersebut:

Pertama, menetapkan nama-nama pegawai yang tersebut dalam lampiran surat keputusan ini tidak memenuhi syarat (TMS). Dalam rangka pengalihan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara.

Kedua, memerintahkan pegawai sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu agar menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada atasan langsung sambil menunggu keputusan lebih lanjut.

Ketiga, menetapkan lampiran dalam keputusan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan ini.

Keempat, keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Diketahui, penyidik senior KPK Novel Baswedan dan juga A Damanik hingga Ketua Wadah (WP) Pegawai KPK Yudi Purnomo masuk ke daftar tak lulus TWK tersebut.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here