Paus Fransiskus: Hentikan Bentrokan di Yerusalem!

Bicaralah.com - Paus Fransiskus merespon bentrokan yang meletus antara petugas polisi Israel dan warga Palestina di Masjid Al-Aqsa. Pemimpin umat Katholik kelahiran Buenos Aires, Argentina itu mengaku cemas, seraya mendesak para pemangku kepentingan untuk mencari solusi sambil menghormati Kota Suci tersebut.

Pria yang bernama Jorge Mario Bergoglio itu menyatakan hal tersebut kepada para peziarah yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus di Roma pada Minggu (9/5) waktu setempat.

“Identitas multi-agama dan multi-budaya kota suci harus dihormati. Kekerasan melahirkan kekerasan, hentikan bentrokan,” katanya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (9/5/2021).

Ketegangan di Yerusalem Timur telah meluas menjadi bentrokan antara polisi Israel dan para pengunjuk rasa yang terdiri dari banyak warga Palestina di sekitar al-Aqsa, masjid tersuci ketiga umat Islam, pada puncak bulan puasa Ramadhan tahun ini.

Mereka memprotes penggusuran paksa yang dilakukan polisi Israel.

Protes itu terjadi ketika Pengadilan Pusat Israel di Yerusalem Timur menyetujui keputusan untuk mengusir tujuh keluarga Palestina dari rumah mereka demi pemukim Israel pada awal tahun ini.

Pada Jumat (7/5/2021) aparat membentuk barisan untuk menanggapi aksi protes yang semakin meluas di komplek masjid A Aqsa. Pemrotes yang mulai melempari batu disambut petugas dengan granat setrum dan meriam air.

Pada Sabtu malam, yang bertepatan degan perungatan malam Lailatul Qadar, petugas Israel dengan menunggang kuda dan mengenakan perlengkapan anti huru hara menghalau para pemrotes. Mereka menangkapi orang-orang yang mencoba membuat onar yang melempar batu, menyalakan api, dan merobohkan barikade polisi di jalan-jalan menuju gerbang Kota Tua.

Setidaknya 290 warga Palestina telah terluka oleh pasukan Israel sejak Jumat, menurut Bulan Sabit Merah Palestina.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here