Mahmoud Abbas: Israel Telah Melakukan Kejahatan Perang dan Bisa Dibawa ke Hukum Internasional

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut tindakan Israel terhadap Palestina adalah ‘kejahatan perang’ yang dapat dihukum berdasarkan hukum internasional.

“Rakyat Palestina tidak akan ragu mengejar mereka yang telah melakukan kekerasan dan kejahatan perang yang dapat dihukum berdasarkan hukum internasional,” kata Abbas dalam pidatonya pada Rabu (19/5/2021), seperti dikutip dari Time of Israel.

Israel dan Hamas telah terlibat dalam pertempuran selama sepuluh hari terakhir. Kedua pihak saling lempar kekuatan dengan menembakkan ribuan roket. Hamas luncurkan roket ke wilayah Israel, dan IDF menanggapi dengan serangan udara ke Hamas dan target kelompok teror lainnya di daerah kantong tersebut.

Otoritas Palestina Abbas telah membatasi pemerintahan sendiri di berbagai daerah kantong di Tepi Barat, sementara Hamas telah menguasai Jalur Gaza sejak 2007.

Awal tahun ini, Pengadilan Kriminal Internasional meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel dan militan Palestina selama perang Gaza sebelumnya, yaitu pada 2014.

Pengadilan menyatakan keprihatinannya, sementara penyelidikan sedang berlangsung, kedua belah pihak kembali mengobarkan perang yang telah berlangsung selama 10 hari ini.

“Israel secara brutal menyerang warga sipil dan dengan sengaja menghancurkan rumah dan bangunan di atas kepala warganya. Israel menghancurkan infrastruktur dan membunuh orang tua, wanita dan anak-anak,” pungkas Abbas.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here