Kisruh TWK, Rizal Ramli Sebut Ada Political System ‘Drive’ Siapa yang Patut Dipenjara!

Tokoh nasional Rizal Ramli menyatakan, bahwa salah satu pihak yang ikut bertanggung jawab soal kisruh tes wawasan kebangsaan (TWK) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Karena tes ter tersebut berada di bawah kordinasi politisi PDI-P tersebut.

“Seperti saya katakan sebelumnya, yang ikut bertanggung jawab soal tes-tes itu adalah Mas Tjahjo, karena tes itu ada di bawah koordinasinya (Tjahjo-red),” tegas Rizal, dalam sebuah unggahan di Youtube, tadi malam.

Adapun menurut Rizal Ramli, melakukan tes untuk standarisasi kepegawaian adalah sebuah kewajaran. “Tapi harus dilakukan secara profesional, menjaga integritas dengan standar pertanyaan-pertanyaan yang kredibel.

“Tetapi.. tes-tes yang dilakukan, pertanyaannya kampungan, norak dan sama sekali dibikin oleh orang-orang yang tidak cerdas. Jadi, mas Tjahjo di sosial media juga memberikan pernyataan sekaligus tanggung jawab, jangan udah ramai trus sembunyi,” tegasnya.

Rizal juga menyatakan bahwa polemik TWK KPK bukan hanya kesalahan yang dimiliki oleh Ketua KPK, yakni Firli Bahuri. “Mas Tjahjo juga ikut tanggung jawab, jangan seolah-oah ini murni kesalahan Firli saja. Dan menurut saya yang paling penting adalah, apa motif di balik untuk membersihkan 75 orang ini. Yang umum sih… mereka semua disebut taliban,” tegas Rizal.

Selain itu, mantan Menko Maritim ini menjelaskan, bahwa dirinya banyak kenal dekat dengan sejumlah penyidik di KPK. “Saya kenal dekat dengan Novel, saya suka mereka profesional, mereka memiliki etika kerja yang bagus, tapi memang dalam memilih kasus bukan kewenangan mereka.

“Di-drive oleh dewan pengawas atau komite lah istilahnya. Jadi… dalam pemilihan siapa yang harus masuk penjara ada yang ngedrive, yakni political system di dalamnya yang ngontrol di atasnya. Nah, padahal seharusnya, siapapun kalau korupsi harus ditindak dan diadili, karena KPK tidak hanya nangkap kasus-kasus yang kecil saja,” tutupnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here