Firli Ngaku Tak Pernah Bocorin Hasil Tes Novel Baswedan

Isu puluhan pegawai KPK tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan menjadi sorotan publik sampai saat ini. Hal ini tentunya masih terkait pengalihan status pegawai KPK jadi ASN oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia (RI) sontak.

Menanggapi hal ini, Ketua KPK, Firli Bahuri enyebut bahwa dirinya tidak pernah membocorkan ataupun membahas soal tidak lolosnya [enyidik senior KPK, Novel Baswedan. Namun, dalam beberapa hari ini diketahui, nyaris semua media nasional memberitakan informasi tersebut.

“Tentu untuk 75 nama kami akan sampaikan melalui Sekjen setelah SK keluar. Kami tidak ingin menebar isu,” tegasnya, kepada awak media, Rabu, 5 Mei 2021.

Sebagaimana diketahui, enurut isu yang beredar dan ditulis oleh banyak media, Novel Baswedan Cs kabarnya adalah 75 pegawai KPK yang tidak  memenuhi syarat kelulusan.

Ia memastikan, bahwa  bocornya sejumlah nama pegawai KPK yang tidak lulus tes, bukan berasal dari internal KPK. Jenderal polisi bintang tiga tersebut menjelaskan bahwa hasil tes yang diterima sejak 27 April 2021, masih disegel dan disimpan dalam lemari.

“Sampai sore hari tadi dibuka, disaksikan dengan seluruh struktural KPK, eselon 1 eselon 2. Anggota Dewas KPK pimpinan KPK lengkap. Termasuk juga didokumentasikan oleh kawan-kawan humas. Jadi kami pastikan tidak ada penyebaran nama-nama,” ujarnya.

Firli sebelumnya menyampaikan telah dilakukan TWK dalam rangka pengalihan status pegawai KPK jadi ASN oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia (RI). Firli mengatakankan, sebanyak 1.351 pegawai KPK mengikuti assessment tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sejak 18 Maret sampai 9 April 2021. “Pegawai yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 75 orang,” tegasnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here