Anggaran Capai Rp1,7 Kuadriliun untuk Alutsista Bocor ke Publik, Kemenhan Panik?

Isu mafia alutsista yang disampaikan oleh pengamat militer Connie Rahakundini beberapa waktu lalu sepertinya masih menjadi perhatian publik. Bahkan, sosok Mr “M” yang disebutnya juga mengundang pertanyaan banyak pihak, salah satunya adalah Kementerian Pertahanan RI.

Namun kini, isu semakin mendalam, saat adanya kabar bahwa Menhan Prabowo Subianto menunjuk PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) menangani pengadaan alutsista sebesar US$124.995.000.000 atau senilai Rp1,7 kuadriliun.

Mengenai kabar yang beredar, juru bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak membantahnya. Ia mengatakan, perusahaan yang disebut-sebut tak ada sangkut-pautnya dengan pengadaan alutsista.

“TMI tidak akan melakukan kontrak dengan Kementerian Pertahanan di satu sisi terkait belanja-belanja alutsista yang dilakukan oleh Kemenhan. TMI juga tidak jual beli dan segala macam,” mengutip CNN.

Ia menjelaskan, bahwa Kemenhan tak memiliki keterkaitan dengan PT TMI dan membantah adanya keterkaitan Prabowo dengan perusahaan itu. “Tidak. Beliau, mereka-mereka memang berada di perusahaan tersebut. Kemudian, yayasan yang menunjuk mereka mengurusi perusahaan tersebut. Yang harus dipahami adalah TMI itu tidak terlibat dalam proses-proses kontrak di Kementerian Pertahanan,” tambahnya.

Adapun menurutnya, dukungan Prabowo terhadap perusahaan-perusahaan alutsista, tak terkecuali PT TMI, dalam rangka strategi diplomasi. Prabowo sedang berniat membenahi masalah alutsista dari para broker.

“Ketika melakukan komunikasi, kemudian memberikan, sebutlah supporting, kepada TMI itu bagian dari strategi komunikasi diplomasi beliau ingin mengecek kepastian dan harga alutsista yang ada di perusahaan-perusahaan tersebut,” tutupnya.

Menurut rencana, pemerintah belanja alutsista senilai US$124,99 miliar atau setara Rp1,7 kuadriliun diketahui publik dari rancangan Perpres yang bocor. Bersamaan dengan itu, tersebar pula surat Prabowo menunjuk PT TMI untuk mengelola program tersebut.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here