Tito Karnavian: Lukas Enembe ke Papua Nugini Tanpa Dokumen Perbuatan yang Salah dan Memalukan

Bicaralah.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengecam sikap Gubernur Papua Lukas Enembe yang nekat plesiran ke Papua Nugini secara ilegal lewat jalan tikus.

Bahkan, Tito menyebut aksi bepergian Lukas ke luar negeri tanpa dokumen resmi sebagai hal yang memalukan. Sekalipun Lukas beralasan bahwa dia ke Papua Nugini untuk menjalani terapi kaki.

“Apa yang dilakukan Gubernur Papua adalah salah dan tidak benar walaupun alasannya berobat,” tegas Tito Karnavian kepada wartawan, Senin (5/4/2021).

Pemerintah, diakui Tito, memang tidak pernah melarang seorang kepala daerah bepergian ke luar negeri. Asalkan yang bersangkutan melengkapi diri dengan dokumen resmi dan sesuai prosedur yang ada.

Kalaupun urusan itu mendesak, maka seharusnya Gubernur Lukas bisa menelepon Kemendagri untuk memberitahukan rencananya dan kemudian disusul dengan surat resmi.

“Nanti saya akan menanyakan penyebab Gubernur Lukas Enembe pergi secara ilegal dalam pertemuan nanti karena itu sangat memalukan,” tukas Tito.

Sebelumnya, pada Rabu (13/3/2021), Lukas Enembe diketahui menyebarang ke Papua Nugini melalui jalan tikus dengan menumpang ojek. Pemerintah Papua Nugini kemudian mendeportase Luka Enembe bersama dua pengikutnya. Selanjutnya, Konsulat RI di Vanimo menggeluarkan surat pengganti laksana pasport (SPLP) dan dipulangkan melalui PLBN Skouw, Jumat (3/4/2021).

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here