Pulang dari India Gak Mau Isolasi, WNI Sogok Petugas Bandara, Ditangkap!

Aparat kepolisian menangkap JD yang melakukan penyuapan kepada petugas bandara bernisial S, sebesar Rp6,5 juta. Uang tersebut diberikan agar dirinya bisa melewati prosdur karantina selama 14 hari.

Sebagaimana diketahui, JD baru saja pulang dari India, dimana negara tersebut mengalami peningkatan kasus covid-19 dalam beberapa hari ini.

“Jadi hari Minggu kemarin memang telah diamankan seseorang inisial WNI JD kemudian, ada S dan W. Ada tiga orang yang sudah diamankan. Memang ada indikasi bahwa saudara JD yang baru kembali dari India ke Indonesia sekitar hari Minggu jam 18.45 WIB,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, kemarin.

Yusri menjelaskan, bahwa JD diduga melakukan penyuapan petugas bandara berinisial S dengan uang sebesar Rp 6,5 juta. Sehingga dengan uang pelicin tersebut yang bersangkutan dapat menghindari kewajiban karantina selama 14 hari. Saat ini, kata Yusri, pihaknya tengah mendalami modus para pelaku dalam melancarkan aksinya ini.

“Pelaku-pelaku ini baik dia sebagai pengurus atau penumpang ini untuk menghindari terjadinya karantina selama 14 hari. Dia membayar Rp 6,5 juta kepada saudara S,” sambung Yusri.

Sampai saat ini, kasus tersebut masih dalam pemeriksaan petugas, keduanya juga dalam pemeriksaan. “Kemudian ada dua orang yang mengurus sementara ini masih dilakukan pemeriksaan. Nantinya, kalau sudah selesai akan kita sampaikan bagaimana kronologis pengungkapan kasusnya. Padahal dalam peraturan Satgas gugus tugas Covid-19, setiap orang yang datang dari luar negeri dan masuk ke Indonesia harus melakukan pengecekan kesehatan dan dikarantina selama 14 hari.

“Tetap harus melakukan isolasi selama lima hari. Khusus penumpang dari India ada kebijakan dari pemerintah melakukan isolasi 14 hari kalau dia non reaktif kalau dia reaktif akan ada penanganan khusus,” tutup Yusri.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here