Pak Firli, Kapan Anda Penuhi Janji untuk Periksa Azis Syamsuddin?

Meski Ketua KPK Firli Bahuri telah menjanjikan pemanggilan terhadap Azis Syamsuddin terkait perkara dugaan suap antara penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, hingga sekarang ini belum jua ada tanda-tanda lembaga antirasuah itu mengagendakan Wakil Ketua DPR-RI tersebut.

Padahal, dalam keterang pers, Firli menyebutkan pertemuan awal AKP Robin dengan Syahrial terjadi lantaran Azis mengenalkan keduanya di kediamannya.

“Pada Oktober 2020, MS (M Syahrial) menemui AZ (Azis Syamsuddin), Wakil Ketua DPR RI, di rumah dinasnya di Jakarta Selatan dan menyampaikan permasalahan adanya penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK di Pemerintah Kota Tanjung Balai. Atas perintah AZ, selanjutnya ajudan AZ menghubungi SRP (Stepanus Robin Pattuju) untuk datang ke rumah dinas AZ tersebut,” ujar Firli dalam konferensi pers di kantornya pekan lalu.

Singkat cerita AKP Robin diduga menerima Rp 1,3 miliar dari janji Rp 1,5 miliar untuk kepentingan pengurusan perkara yang diduga menjerat Syahrial. Aksi AKP Robin itu dibantu seorang pengacara bernama Maskur Husain. Kini ketiganya sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Nah, perihal peran Azis Syamsuddin ini Firli pernah menjanjikan agar yang bersangkutan segera dipanggil. Kapan dipanggilnya?

“Itu kepentingan penyidikan secepatnya seperti yang saya bilang tadi,” ujar Firli pada Sabtu, 24 April 2021.

Firli mengungkapkan Azis bisa saja diperiksa minggu depan. Yang pasti, kata Firli, Azis pasti diperiksa dalam waktu dekat.

“Kalau bisa Senin kita periksa, kita periksa. Bisa Selasa, kita periksa. Secepatnya,” kata Firli.

Mengenai kasus ini, Azis Syamsuddin sudah angkat bicara. Namun respons Azis Syamsuddin masih belum terang.

“Bismillah alfatehah,” kata Azis Syamsuddin lewat pesan singkat saat dimintai konfirmasi, Jumat (23/4/2021).

Politikus Golkar ini tak menjelaskan apa maksud responsnya itu. Dia juga tak menepis atau membenarkan kronologi yang disampaikan Firli soal pertemuan di rumahnya.

Sementara itu, pada Senin, 26 April 2021 hingga hari ini Selasa, 27 April 2021, tidak ada nama Azis Syamsuddin dalam jadwal pemeriksaan. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan pada pekan ini akan memanggil siapa pun yang berkaitan dengan perkara ini.

“Terima kasih. Kita masih terus bekerja. Kita harus tuntaskan perkara tersebut siapa pun pelakunya. KPK masih melakukan pengumpulan keterangan saksi dan bukti-bukti sehingga membuat terangnya perkara korupsinya dan kita temukan tersangkanya. Pada saatnya KPK akan sampaikan ke publik. KPK masih melengkapi keterangan saksi dan bukti-bukti. Setelah cukup bukti, tentu KPK akan melakukan upaya paksa dan ungkap seterang-terangnya dan mengajukan para tersangka, siapa pun dia,” kata Firli dilansir detik.

“Kita kerja keras. Minggu ini kita minta keterangan-keterangan pihak yang mengetahui, mengalami, atau mendengar tentang kejadian tersebut. Mohon dukungan semua rakyat Indonesia,” tandasnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here