JPU Ajukan Banding Soal Vonis 10 Bulan ke Syahganda Nainggolan

Bicaralah.com - Aktivis Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Syahganda Nainggolan sebelumnya telah divonis 10 bulan oleh majelis hakim PN Depok, Jawa Barat. Namun, belakangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan upaya hukum banding terhadap putusan itu.

“JPU dari Kejaksaan Negeri Depok telah menyatakan upaya hukum banding atas putusan Pengadiln Negeri Depok,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulis, kemarin.

Leo menjelaskan, ada beberapa hal mengapa pihaknya mengajukan banding atas putusan tersebut.

“Karena dalam putusan pengadilan dipertimbangkan pasal yang berbeda dengan pasal yang dibuktikan Jaksa Penuntut Umum dalam surat tuntutannya dan putusan majelis hakim di bawah 2/3 dari tuntutan JPU dan seluruh pertimbangan JPU dalam mengajukan tuntutan tidak diambil alih seluruhnya dalam putusan Majelis Hakim. Maka Tim Jaksa Penuntut Umum mengajukan upaya hukum Banding,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Syahganda divonis 10 bulan bui usai dinyatakan terbukti bersalah dengan tuduhan menyebarkan berita bohong. Hal itu termaktub dalam putusan Pengadilan Negeri Depok Nomor: 619/Pid.Sus/2020/PN.Depok tanggal 29 April 2021.

Selain vonis bui, majelis hakim juga menetapkan agar terdakwa dibebani biaya perkara sebesar Rp5 ribu.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here