Buronan Adelin Akhirnya Dibawa Tim Kejagung ke Indonesia

Buronan kasus pembalakan liar, Adelin Lis akhirnya dibawa pulang ke Indonesia oleh Kejaksaan RI, kemarin. Petugas membawa Adelin dari Singapura dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

“Adelin Lis dipulangkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat carter yang di carter oleh aparat penegak hukum atau Kejaksaan atau menggunakan pesawat Garuda Indonesia,” ujar Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer kepada wartawan, kemarin.

Adapun dalam proses penerbangan, Adelin Lis juga dikawal ketat petugas dari Kejaksaan.

“Saat terpidana memasuki Bandara Singapura dilakukan pengawalan yang cukup ketat oleh 4 orang petugas dari Kepolisian Singapura dengan memperlakukan terpidana dengan DPO (Daftar Pencarian Orang) berisiko tinggi” sambungnya.

Sebagai informasi, Adelin Lis adalah buron kasus illegal logging yang kabur ke Singapura pada 2006 silam. Dia sempat tertangkap KBRI Beijing tapi kabur dari kawalan. Kemudian pada November 2007, Pengadilan Negeri Medan memvonis bebas Adelin.

Namun pada Juli 2008, Mahkamah Agung mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum, Adelin diputus 10 tahun penjara dan denda. Adelin kemudian kembali kabur ke Singapura untuk menghindari proses hukumnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here