Benny Tjokro Gugat BPK, Sidangnya Digekar Pekan Ini!

Sidang gugatan terdakwa kasus korupsi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro akan dilanjutkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Hal ini masih terkait laporan hasil pemeriksaan (LHP) investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Mengutip laman resmi PTUN, sidang tersebut akan digelar pada Kamis (24/6/2021) mendatang, dengan mengagendakan dengar duplik dari pihak tergugat yakni BPK. “Duplik (jawaban tergugat) secara elektronik,” tulis PTUN di laman tersebut, Minggu (20/6).

Adapun gugatan ini telah didaftarkan pada Rabu (31/3/2021) lalu. Diketahui, BPK sebelumnya telah mengeluarkan audit investigasi terkait kasus korupsi Asuransi Jiwasraya (ASJ). Hasil investigasi tersebut menyimpulkan adanya kerugian negara senilai Rp16,8 triliun.

Sebagai informasi, Benny Tjokrosaputro adalah salah satu pelaku utama korupsi dana investasi Jiwasraya. Bersama koleganya, Heru Hidayat, dia telah divonis hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Adapun dalam petitum gugatan yang didaftarkan pada Jumat (26/2/2021), Bentjok meminta hakim PTUN memutuskan 6 pokok gugatan.

Pertama, mengabulkan gugatan untuk seluruhnya.

Sementara yang kedua, menyatakan batal atau tidak sah Surat Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Investigatif Jiwasraya 2008 – 2018 yang dikeluarkan oleh BPK karena bertentangan dengan Peraturan yang berlaku Keputusan BPK.

Adapun yang ketiga, memerintahkan untuk mencabut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Investigatif dengan segera dan tanpa syarat apapun.

Selain itu yang keempat, mewajibkan BPK untuk membayar ganti rugi terhadap Benny Tjokro.

Kelima, memerintahkan BPK untuk menerbitkan Surat Keputusan yang berisi tentang rehabilitasi namanya ke dalam status, kedudukan, harkat dan martabatnya semula sebagai warga negara yang baik.

Keenam, membebankan biaya yang timbul dalam perkara ini kepada BPK.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here