Utang Pemerintah Era Jokowi Mengerikan, Rizal Ramli Ingatkan Megawati Soal Konsep Trisakti

Tokoh nasional Rizal ramli mengingatkan bahwa utang negara semakin hari makin meningkat. Dan hal ini menurutnya akan membahayakan negara dari segi ekonomi.

Ia meminta kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Seokarnoputri untuk kembali kritik terkait utang negara. Dimana memang, Megawati merupakan sosok yang keras dan kerap mengkritik soal utang di era kepemimpinan SBY saat menjadi presiden RI.

Misalnya saja pada 2009 lalu, Megawati pernah menyebut bahwa pemerintah sudah mabuk utang, hal ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, pada tahun itu, Indonesia terus menambah utang Rp 200 hingga 200 triliun pertahun.

Namun ironisnya, di era Jokowi, utang terus bertambah ratusan triliun hanya dalam hitungan bulan saja.

“Mbak Mega, ini utang sudah ugal-ugalan, sudah masuk perangkap utang (debt trap),” ujar Rizal Ramli memberi rambu-rambu ke Megawati, Senin (12/4).

Rizal Ramli, yang merupakan sosok mantan anggota tim panel penasihat ekonomi PBB ini mengingatkan bahwa utang yang tinggi bisa membuat bangsa tidak lagi mandiri dan dapat dikendalikan asing. Hal ini, sambungnya, bertentangan dengan konsep Trisakti dan prinsip kemandirian yang diajarkan Bung Karno.

“Banyak cara-cara alrenatif untuk mengurangi utang. Tapi kalau tidak mau dan tidak mampu, harus ada cara lain,” pungkas Rizal.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here