Rakyat Curigai Nasib Dana Haji, Analis Ekonomi: Dibuka Saja Tahun 2020 Berapa Dana Haji ke SBSN

Kecurigaan masyarakat Indonsia terhadap pemerintah sepertinya tak bisa dibendung lagi terkait batalnya keberangkatan haji 2021. Adapun sampai hari ini yang menjadi sorotan adalah masalah dana haji yang disebut-sebut digunakan untuk infrastruktur.

Jauh sebelumnya memang, KH MA’ruf Amin pada 2017 lalu bahwa dirinyalah yang menandatangani mengenai dana haji digunakan untuk infrastruktur. “Penggunaan untuk jalan, bandara udara, dan saya yang menandatanganinya itu,” ujar Ma’ruf Amin saat itu, dikuti dari video yang ramai diunggah di sosial media.

Menanggapi hal ini, analis ekonomi Gede Sandra mengatakan, dugaan masyarakat atas penggunaan dana haji tersebut tidak ada salahnya.

Tidak ada yg salah dgn dugaan bahwa dana haji digunakan untuk biayai infrastruktur. Th2017 kyai MA (Ma’ruf Amin) bilang sdh Rp 35 T dana haji digunakan untuk beli SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) yg diterbitkan Kemenkeu,” tulis dalam keterangan tertulisnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana dugaan keras bahwa dana haji digunakan untuk infrastruktur. “Dana SBSN lalu masuk ke APBN untuk biayai infrastruktur. dibuka sj th 2020 brp dana haji yg ke SBSN,” tutupnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here