Pemerintah Stop Sementara TKA ke Indonesia, Maksudnya Bakal Dilanjut Lagi?

Pemerintah sepertinya akan menghentikan sementara izin masuk atau penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) sementara waktu. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap.

Ia mengatakan, kebijakan ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor M/3/HK.04/II/2021 tentang Pelayanan Penggunaan TKA dalam Upaya Pencegahan masuknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). “Maka untuk sementara proses pelayanan penggunaan TKA untuk permohonan baru masih dihentikan,” ujarnya, dikutip dari keterangan resminya, kemarin.

Izin bagi TKA kata Chairul, tetap dibuka untuk PSN karena pemerintah ingin ekonomi tetap berjalan melalui proyek-proyek tersebut. Apalagi, proyek tersebut memiliki manfaat luas bagi masyarakat, sehingga prioritas untuk dibangun.

Chairul juga mengungkapkan, bahwa mayoritas TKA di Indonesia saat ini memang bekerja di proyek dengan aliran investasi asing yang memiliki dampak pemulihan ekonomi dan penciptaan kesempatan kerja bagi pekerja lokal serta dalam rangka mempercepat terbangunnya infrastruktur nasional.

“Proyek yang melibatkan sedikit TKA untuk proses alih teknologi menyerap lebih banyak pekerja domestik. TKA didatangkan investor sesuai izin serta ketentuan/prosedur protokol kesehatan,” katanya.

Kendati memang, sampai saat ini pemerintah masih membuka pintu masuk bagi TKA untuk proyek PSN, namun Chairul memastikan jumlahnya tidak banyak. Apalagi, sampai melebihi jumlah pekerja lokal di suatu proyek. “Pemerintah dalam memberikan izin penggunaan TKA tetap memperhatikan penggunaan tenaga kerja lokal,” tutupnya.

Dilema sepertinya apa yang selalu disampaikan pemerintah, terlebih kedatangan WNA asal China sampai hari ini masih menjadi sorotan publik, di tengah adanya larangan mudik. Selain itu terkait dunia kerja juga, data Badan Pusat Statistik menunjukkan adanya kenaikan pengangguran di Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya dikabarkan ada 114 orang warga negara asing yang masuk ke Indonesia. Dari jumlah itu, sekitar 110 orang diduga merupakan TKA China. Mereka masuk ke Indonesia dengan pesawat carteran dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (13/5 lalu.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here