Indef Bongkar Alasan Mengapa Ekspor UMKM Masih Tertinggal

Wakil Direktur Institute for Development on Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengungkapkan, mengapa tingkat produktivitas UMKM Indonesia di sisi ekspor masih tertinggal, jika dibanding dengan Malaysia dan Thailand.

Menurutnya, yang menjadi penyebabnya adalah besarnya porsi UMKM yang dieskpor ke luar negeri adalah adanya ekosistem untuk pembiayaan dan pembinaan. Contohnya yaitu Malaysia. “Wajar kalau kemudian mereka mampu naik kelas dan eskpansi bisnisnya sampai ekspor,” ujar Eko dalam diskusi virtual, kemarin, di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, persentase produk UMKM Indonesia yang diekspor ke luar negeri sebesar 15 persen. Sementara, porsi produk UMKM Malaysia yang dieskpor ke mancanegara adalah hampir sebesar 20 persen, dan Thailand mendekati angka 30 persen.

Eko mengatakan, yang menjadi salah satu penyebab hal tersebut bukan hanya soal besarnya porsi UMKM, namun dukungan kredit pembiayaan untuk UMKM di Indonesia juga masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, China, dan Korea Selatan.

Eko menjelaskan, dari data OECD yang diolahnya menjelaskan, dimana persentase dukungan pembiayaan bagi UMKM di Indonesia sebesar 19,68 persen. Sementara, beberapa negara tetangga memiliki persentase yang terlampau lebih besar seperti Malaysia (50,60 persen), Thailand (50,47 persen), China (64,96 persen) dan Korea Selatan (81,20 peren).

“Jadi memang, dukungan pembiayaan UMKM di Indonesia ini sangat rendah dan flat. Hanya sekitar 19 persen. Itu dari tahun ke tahun segitu-gitu saja dan tidak naik-naik. Ini perlu ada upaya terobosan, kalau tidak akan semakin tertinggal,” ungkapnya.

Selain itu, Eko juga mengingatkan, apabila UMKM Indonesia ingin keluar dari situasi pandemi Covid-19 dengan sukses, maka dorongan pembiayaan harus ditingkatkan. Meskipun, pembiayaan hanya satu dari sekian banyak aspek yang dibutuhkan untuk mendorong UMKM agar naik kelas.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here