Dana Haji Diklaim Aman, Rizal Ramli: APBN Saja Gak Aman!

Ekonom senior Rizal Ramli angkat bicara soal adanya anggapan bahwa dana haji milik jemaah masih dalam posisi aman. Padahal sebelumnya KH Ma’ruf Amin sudah jelas menyebutkan dana haji telah terpakai Rp35 triliun untuk infrastruktur.

“Selalu jawabannya asal aman, asal aman. Saya pikir hari ini pemerintah, Anggito Abimanyu (kepala BPKH) keliling kasih wawancara. Pasti argumennya aman kok, aman kok,” tegas Rizal, mengutip RMOL.ID.

Rizal meragukan kalau kondisi keuangan atau dana haji dalam kondisi aman. Ia kemudian menjelaskan yang terjadi pada dana haji. Ia menambahkan, bahwa dana haji bisa diinvestasikan dalam sukuk atau surat utang negara.

Adapun sukuk ini kemudian masuk dalam APBN. “Pertanyaannya aman nggak? Ini investasi dipakai sukuk masuk APBN,” tanya Rizal.

Mantan Menko Ekuin era Gusdur ini mengingatkan bahwa dalam 5 tahun terakhir primary balance atau keseimbangan primer selalu negatif. Dan itu artinya selisih dari total pendapatan negara dikurangi belanja negara negatif.

Ironisnya, hanya untuk membayar bunga utang saja negara tidak mampu, karena negara harus berutang untuk membayar bunga utang. Di mana pada tahun ini bunga utang mencapai Rp 373 triliun. “Jadi kalau dikatakan dana haji aman, saya mohon maaf mengatakan, APBN saja kagak aman, kok bisa dana haji aman,” tutupnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here