Tiga Lapas di Nusakambangan untuk Teroris Segera Beroperasi

Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Sesditjenpas Kemkumham), Heni Yuwono mengungkapkan, bahwa tiga lembaga pemasyarakatan (lapas) baru di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), ditargetkan segera beroperasi pada 2022.

Adapun saat ini, pembangunan masih berjalan dan ditargetkan rampung pada Juni 2021. Ketiga lapas itu terdiri atas dua lapas maximum security dan satu lapas minimun security.

nantinya, setelah pembangunan tuntas, ketiga lapas itu akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana.  “Kami targetkan selesai akhir tahun ini. Tahun depan masih ada lanjutan untuk sarana dan prasarananya. Insyaallah tahun 2022 sudah bisa untuk dioperasionalkan,” kata Heni Yuwono dalam diskusi Pembentukan Agen dan Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan di Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Sebelumnya diketahui, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly sebelumnya mengatakan, bakal membangun tiga lapas baru di Nusakambangan untuk narapidana terorisme. Hal itu disampaikan Yasonna di acara Gowes Bareng PDI Perjuangan (PDIP) dengan wartawan, di Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

“Kita dapat komplain dari Polda, Kejaksaan Tinggi, karena masih agak padat. Kalau khusus teroris, saya kira Polri masih punya tempat khusus untuk itu. Tahun ini kita bangun tiga lapas di Nusakambangan. Satu lapas maximum security yang saya kira sudah cukup untuk itu,” ujar Yasonna. (Nugroho/Jateng)

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here