Sultan HB X Pastikan Jika Lockdown Pemerintah Pusat Juga Tak Akan Mampu!

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengungkapkan alasan daerahnya tidak diberlakukan lockdown. pasalnya, pembiayaan atas kebijakan tersebut dinilainya cukup tinggi.

Ia pun lebih mengutamakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DIY. “Ya ga tho. Enggak ada kalimat lockdown. Saya enggak kuat suruh ngeragati rakyat sak Jogja (Saya tidak kuat kalau suruh membiayai masyarakat se-DIY),” tegasnya, kemarin.

Sultan HB meyakini jika memang keputusan terakhir harus dilockdown, pemerintah pusat sekalipun tidak akan kuat. ”Itu pilihan terakhir (lockdown). Saya kan sudah bilang kemarin. Lockdown tapi pemerintah tidak akan kuat,” jelasnya.

Selain itu menurutnya, untuk menekan penularan Covid-19, Pemda DIY tetap akan memberlakukan PPKM. Pemberlakuan PPKM ini seperti Instruksi Gubernur DIY yang dikeluarkan 15 Juni 2021 lalu.

“Bentuknya tetap PPKM. Keputusan tanggal 15, PPKM di mana konsekuensinya jangan mudah mengatakan lockdown. Pengertian lockdown itu totally close,” sambungnya.

Karena jika memang lockdown, tentunya banyak pihak yang akan mengalami penurunan pendapatan. “Orang jualan enggak ada, yang buka hanya apotek dan supermarket yang lain tutup. Pemerintah (harus) ganti duit untuk masyarakat, mengganti go tuku makan (mengganti uang untuk beli makan). Kita kan ga kuat (menanggung biaya),” pungkasnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here