Pasien Tidur di Tenda dan Mobil Bak, Ini Kata Pihak RSUD Bekasi

Ramainya informasi mengenai video di sosial media yang menunjukkan sejumlah pasien di RSUD dr Chasbullah Abdulmajid, Bekasi, Jawa Barat hingga berada di dalam tenda dan mobil bak menjadi sorotan publik.

Direktur RS setempat, Kusnanto Said mengatakan, berada dalam kondisi pemeriksaan awal. “Tadi pagi (kejadiannya), jadi karena pasien nggak sabar menunggu di kursi roda. Jadi memilih tidur,” kata Kusnanto kepada wartawan, Jumat (25/6/2021).

Ia menyebutkan, bahwa pasien tersebut datang ke rumah sakit dalam kondisi gejala. “Mereka datang dengan gejala (COVID-19) semua. Nanti pemeriksaan di tenda sama di lorong yang kita siapkan itu, triase namanya, pemeriksaan awal,” sambungnya.

Sementara itu, terkait pasien yang ada dalam tenda, Kusnanto mengatakan, bahwa telah disediakan 30 tempat tidur untuk perawatan awal para pasien. Namun kondisinya saat itu memang telah penuh diisi puluhan pasien. “Sebenarnya di tenda (triase) ini kita sediakan awalnya 30 bed, tapi kan kita nggak bisa menolak orang datang,” ungkapnya.

Adapun menurutnya, pasien-pasien yang dirawat di tenda darurat belum tentu menderita covid-19, Mereka akan diperiksa lebih dahulu dengan swab PCR sembari dilakukan perawatan.

“Ini (tenda) sebenarnya ruang screening, jadi pasien datang ada yang belum PCR ada yang sudah PCR. Nah, yang belum ter-PCR inilah yang ter-screening di sini sambil menunggu hasil PCR-nya ada. Dan kita juga tambah lagi ruang rawat inap satu lantai 45 bed tambahan. Jadi semuanya 400 tempat tidur,” tutupnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here