Bupati Garut Kembai Ajukan RA Lasminingrat Sebagai Pahlawan Nasional

Bicaralah.com - Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, pihaknya kembali mengajukan nama Raden Ayu Lasminingrat sebagai pahlawan nasional. Bahkan, katanya, pemda setempat juga tekah membentuk  Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk menyusun dokumen pengusungan RA Lasminingrat.

Tentunya ujar Rudy, hal ini merupakan bentuk perhatian Pemda Garut atas jasa mendiang RA Lasminingrat erhadap dunia pendidikan saat itu.

“Tentu itu dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya dalam pengukuhan Tim Pengusung RA Lasminingrat, Kamis (3/6/2021) lalu.

Ia mangatakan, bahwa dalam beberapa dokumen yang ia temukan, Rudy meyakini jasa besar R.A Lasminingrat bagi masyarakat saat itu, terutama soal pendidikan kesetaraan bagi kaum perempuan. “Beliau mempunyai empati yang luar biasa terhadap pendidikan yang setara,” sambungnya.

Rudy juga menambahkan, proses pengusungan nama RA Lasminingrat juga sudah masuk dalam permohonan pengkajian sebagai calon pahlawan nasional, berdasarkan dokumen pendukung yang akan diberikan tim pengusung.

“Harus dilakukan kelengkapan sejarah lainnya yang memberikan dukungan terhadap persyaratan pengajuan suatu pahlawan nasional,” pungkasnya.

Nama RA Lasminingrat sebelumnya memang pernah diusulkan sebagai pahlawan nasional pada tanggal 18 Juli 2007. Namun pada tanggal 29 Desember 2010, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyatakan pengajuan Lasminingrat menjadi pahlawan nasional ditunda dikarenakan ketidaklengkapan data pendukung.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here