Aduh, 29.339 Ribu Warga Bangka Belitung Lakukan Kontak dengan Pasien Covid-19

Setidaknya ada sekitar 29.339 masyarakat di Kepualan Bangka Belitung melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19. Dengan demikian, kondisi ini dinilai berpotensi meningkatkan positif covid-19 di wilayah tersebut.

“Sebanyak 29.339 warga yang kontak erat ini berdasarkan hasil pelacakan, penelusuran dan pengujian dalam mendeteksi sebaran kasus Covid-19,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, dikutip Antara, kemarin.

Ia menjelaskan, bahwa berdasarkan hasil pelacakan dan penelusuran pada Sabtu malam, kasus kontak erat dengan pasien Covid-19 mencapai 29.339 jiwa tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

Sementara itu, kasus suspek Covid-19 sebanyak 10.631 jiwa, kasus probable 15 dan meninggal probable 17 orang, karena meningkatnya mobilitas masyarakat pasca lebaran dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Dalam seminggu terakhir orang yang terpapar dan dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 1.241 orang. Sementara orang yang meninggal dunia akibat virus itu berjumlah 21 orang,” sambungnya.

Menurut dia kondisi ini artinya orang yang terkonfirmasi Covid-19 pekan ini mengalami sedikit penurunan, dimana lonjakan atau penularan masif masih terjadi terutama di Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Belitung, Bangka Selatan, lalu Belitung Timur.

Sementara orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 naik dibandingkan dengan pekan sebelumnya, dimana lonjakan kasus kematian atau orang meninggal terjadi terutama di Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Belitung, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan, lalu Kabupaten Belitung Timur.

“Hari ini 176 orang yang terkonfirmasi Covid-19, dimana secara nasional hal itu menempatkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di posisi 10 penambahan harian kasus dengan kumulatif 17.922 orang,” tutupnya.

Terkini

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here